Come and See My World

Mengenali Bakat Terpendam Balita


Beberapa anak dikaruniai bakat yang sangat menonjol sehingga semua orang langsung dapat melihatnya. Sedang sebagaian lainnya mungkin menyimpan bakat terpendam yang tersamarkan oleh kebiasaan yang menurut kebanyakan orang dianggap sebagai hal yang mengganggu, seperti cerewet, tak berhenti bicara, suka melamun, kelebihan energy, dan lain sebagainya. 

Berikut beberapa cara untuk membaca dan mengenali tanda-tanda bahwa balita menyimpan bakat terpendam dan saran untuk mengembangkannya.


Ananda suka mengurutkan benda

Dia suka memasangkan kaos kaki, menjajarkan mobil-mobilannya, atau mengelompokkan barang lainnya berdasarkan warna, ukuran atau bentuk. Dia juga menyukai sesuatu yang teratur dengan baik, rapi dan terpola.

Hal ini berarti : Ananda adalah seoarang auditory sequential learner, yaitu anak dengan kemampuan berpikir analitikal, mempunyai keteraturan tinggi dan sangat memperhatikan hal-hal detil. Dia sangat menyukai pola, yang dapat menjadi indikasi awal bahwa ananda punya kemampuan tinggi dibidang matematika dan ilmu pengetahuan kelak.

Bagaimana mengembangkannya: Mengajaknya untuk melakukan berbagai kegiatan dan permainan yang berhubungan dengan pola dan matematika, seperti permainan menggunakan manik-manik. Lebih banyak memberikannya aktifitas yang mengasah kemampuan matematikanya dan melakukan percobaan-percobaan sehingga menarik minatnya untuk menjadi ilmuwan.

Beri kesempatan pada ananda untuk mengatur sendiri mainannya. Jika ananda suka mengoleksi benda, sediakan container kecil dengan banyak laci sebagai tempat ananda menyimpan benda-benda kecil seperti kerang, batu-batuan, kristal dan lainnya, sehingga ananda dapat menghitung, mengurutkan dan mengelompokkannya.


Ananda tidak bisa berhenti bicara

Ananda yang cerewet mempunyai banyak kosa kata, mampu menyusun cerita yang rumit, dan membuat sedikit sekali kesalahan tata bahasa ataupun pengucapan. Ananda juga berbicara dengan sangat cepat dan sering kali tidak akan berhenti sampai waktu tidur datang. Dia akan terus bicara dan berusaha melemahkan anda dengan argument-argumennya.

Hal ini berarti: Kecakapan verbalnya adalah tanda awal bahwa ananda adalah anak berbakat. Hal ini juga akan menjadi kunci kesuksesannya di sekolah ataupun di segala aspek alam kehidupannya nanti. Anak-anak dengan bakat dan kemampuan mempengaruhi orang lain seperti ini biasanya akan memilih profesi di bidang hukum atau jurnalistik.

Bagaimana mengembangkannya: Dorong ananda untuk mendiktekan cerita dari sebuah buku yang biasa kita baca bersama ananda. Ajukan beberapa pertanyaan padanya, kemudian rekam jawaban dan pemikirannya. Kita juga bisa memintanya untuk mengirim surat pada saudara atau teman-temannya.

Berbarengan dengan upaya mengasah kemampuan bicara dan menulis ananda, ajarkan juga agar ia dapat menjadi pendengar yang baik.

Ajak ananda untuk lebih sering mengunjungi perpustakaan dan mencari buku-buku yang ‘menantang’ untuknya. Dia mungkin akan memilih buku dengan tulisan yang lebih banyak dan sedikit gambar, tidak seperti anak-anak lain seusianya. Dengarkan pemikiran dan argumennya, tetapi tetapkan batas waktunya jika ananda adalah seorang pedebat ulung. Dan tentukan juga jam ‘tenang’ baginya dalam satu hari.


Ananda suka mengutak-atik apa saja

Ananda selalu terdorong untuk mengeksplorasi tentang sebuah benda dan fungsinya. Dia suka untuk mengutak-atik tombol. Dia juga sering membongkar mainannya dan berusaha untuk memperbaikinya kembali. Dia sangat menikmati saat bermain membangun menara dengan mainan balok, dan sangat tertarik dengan kerja sebuah mesin.

Hal ini berarti: Ananda mungkin adalah seorang visual-spatial learner, suka memperlajari hal yang bersifat kebendaan dan keruangan. Anak yang suka permainan memperbaiki segala sesuatu kelak mungkin akan menjadi seorang montir, insinyur, arsitek, penemu atau ilmuwan.  

Bagaimana mengembangkannya: Sediakan berbagai mainan untuk membuat bangunan, seperti lego, balok dan lainnya sehingga ananda dapat membuat sebuah bangunan, merobohkannya dan kembali membangunnya sesuai dengan rancangannya sendiri. Dorong ananda untuk membuat sebuah benda dari kotak cereal dan kotak tissue atau dari benda apapun di sekitar rumah.

Kunjungi pusat-pusat bermain yang menyediakan permainan yang dapat membantu ananda mengeksplorasi kerja tangannya. Puaskan rasa keingintahuannya terhadap suatu benda dan cara kerjanya dengan memberikan permainan perkakas yang aman, seperti kunci dan gembok, atau mainan dengan banyak tombol. Saat sedang berjalan-jalan, tunjukkan pada ananda benda-benda mekanik, seperti lampu lalu lintas dan lainnya.

Pastikan untuk selalu dekat dengan ananda dan terus mengawasinya, karena anak tipe ini biasanya akan sangat penasaran dengan benda-benda bermuatan listrik, bahkan ingin tau lebih banyak tentang soket listrik dengan memasukkan pisau ke dalamnya.


Ananda suka melamun

Ananda sering kali terdiam dalam dunianya sendiri, seolah-olah sedang berbicara dengan dewi peri. Dia suka permainan ‘pura-pura menjadi’, suka menghabiskan waktu luangnya untuk menggambar dan punya banyak ide untuk disampaikan. Dia suka menggunakan suatu benda dengan cara nya sendiri, cara yang tidak biasa (seperti menggunakan sepatu sebagai sekop untuk menggambil sesuatu, atau menggunakannya untuk menyimpan benda-benda), dia bersikap sangat terbuka terhadap ide-ide segar dan lucu, dan berpikir dengan cara yang kreatif untuk memecahkan masalah.  

Hal ini berarti: Ananda yang suka berkhayal sepertinya tampak tidak fokus, tetapi dia mungkin sedang menggunakan waktu berkhayalnya untuk membangun sebuah gagasan besar. Aktifitas semacam ini biasanya menandakan  ia adalah anak dengan tingkat kreativitas yang sangat kuat, sebuah tanda yang sangat jelas bahwa ananda adalah anak berbakat. Keseharian yang biasanya mungkin terasa membosankan bagi ananda yang mempunyai daya imajinasi tinggi, sehingga ia akan ‘lari’ ke alam fantasinya yang sulit baginya untuk memisahkan antara yang nyata dan yang tidak.

Kelak, ananda mungkin akan mengejar pekerjaan-pekerjaan kreatif seperti menjadi seniman, actor, sutradara, perancang busana atau disainer interior. Atau dia akan menggunakan pemikirannya yang tidak biasa dan  kemampuannya memecahkan masalah dengan cara yang inovatif di bidang seni atau ilmu pengetahuan.

Bagaimana mengembangkannya: Tingkatkan terus kreativitas ananda, dengan berbagai cara. Sediakan berbagai piranti dan perlengkapan seni untuk mengembangkan daya imajinasinya. Mainkan musik dan nyanyikan lagu. Dan melakukan berbagai percobaan dengan berbagai proyek science.

Ajak ananda bermain dan melihat pertunjukan seni, dengarkan cerita-cerita fantasinya, dan sediakan alat peraga, jika mungkin beberapa penonton sekaligus, dan beri kesempatan padanya untuk unjuk kebolehan. Gunakan waktu libur keluarga anda untuk mengunjungi museum.

Tetapi jelaskan dengan tegas pada ananda kapan anda ingin mendengarkan sebuah dongeng khayalan dan cerita nyata.


Ananda suka menyusun puzzle

Ananda sangat mengagumi puzzle, suka bermain permainan detektif, memecahkan teka-teki, atau menggemari cerita-cerita misteri. Saat menyusun sebuah puzzle, biasanya ananda tidak akan menggunakan metode trial and error, coba-coba, tetapi langsung dapat  memasangkan kepingan yang benar pada tempatnya.

Hal ini berarti: Anak yang ahli menyusun puzzle adalah seorang visual-spatial learner. Dia cenderung berpikir dalam sebuah gambar, kemudian menggunakan kemampuannya untuk menyelesaikan keseluruhan gambar dalam puzzle tersebut. Kelak, dia mungkin akan menjadi seorang detektif handal, arkeolog atau seorang ilmuwan peneliti.

Bagaimana mengembangkannya: sediakan lebih banyak puzzle, dan berbagai permainan yang mengasah kemampuannya memecahkan teka-teki bentuk dan gambar. Juga permainan kata-kata, teka-teki, dan cerita misteri akan sangat membantu mengembangkan bakatnya.


Ananda suka mengatur

Ananda punya pendirian yang kuat tentang bagaimana sesuatu hal seharusnya dilakukan. Dia yang memutuskan jenis permainan apa yang akan ia mainkan. Juga dalam aktivitas lain, dia yang akan memegang kendali.

Hal ini berarti: Ananda yang pengatur ini mungkin membawa bakat sebagai pemimpin sejak lahir, yang akan memudahkannya saat di sekolah, dalam olah raga, dan banyak bidang lain di kehidupannya nanti.  Anak pengatur dapat menginspirasi temannya, melihat sebuah konflik atau masalah dari berbagai sudut pandang, dan mampu memberikan yang terbaik bagi tim atau kelompoknya. Kelak, kemampuan memimpinnya ini akan sangat bermanfaat di dunia bisnis, politik, organisasi masyarakat dan lembaga mediasi.

Bagaimana mengembangkannya: Kapanpun anda bisa, biarkan ananda yang mengatur. Dia mungkin akan bersemangat menjadi penunjuk jalan dan ingin anda mengikutinya saat sedang berjalan-jalan. Berikan kepadanya wewenang dalam melakukan pekerjaan rumah, seperti mengatur tempat rak sepatu. Biarkan ia mengatur sendiri kamarnya sesuai dengan apa yang ia inginkan (tetap dalam koridor kelayakan). Ajak dia untuk membantu memecahkan masalah keluarga seperti “Kita selalu saja terlambat saat pergi berenang. Bisakah kakak bantu bunda mencari cara supaya besok kita bisa datang tepat waktu?”

Puaskan hasratnya untuk memimpin, tetapi pastikan ananda tahu bahwa untuk urusan tertentu, khususnya tentang keselamatan dan urusan orang dewasa lainnya, orang tualah yang tetap memegang kendali.

Dan perkenalkan juga kepadanya tentang pentingnya bermain bergantian, mengambil antrian, dan mau mendengarkan, sehingga ia tidak akan dijauhi teman-temannya.


Ananda tidak bisa duduk tenang

Ananda selalu ingin melakukan apa saja, meskipun itu hanya sekedar berdiri. Dia sangat menikmati saat ia terus bergerak, memegangi benda-benda, merasakan sesuatu dan trus membuat anggota tubuhnya bekerja.

Hal ini berarti: Ananda tampaknya adalah seorang anak yang biasa dikenal sebagai physical learner, yang menyerap informasi lebih banyak jika dilakukan dengan melibatkan banyak aktivitas dan pergerakan.

Ananda suka melakukan olahraga, menari atau bermain musik dan cenderung mempunyai keterampilan motorik yang sangat bagus. Dia mungkin akan tertarik pada pekerjaan yang tidak ‘terikat di balik meja’, seperti menjadi guru atau penjaga hutan. Atau dia akan menggunakan keahlian dan keterampilan tangannya untuk menjadi chef.

Bagaimana mengembangkannya: Pastikan setiap hari, ananda memiliki banyak waktu untuknya melakukan aktivitas fisik. Agar tidak mudah bosan, merotasi jenis permainan dan aktifitasnya akan membuat segalanya terasa lebih fresh. Anak tipe ini juga sangat suka menjelajah dunia musik melalui gerakan, jadi beri kesempatan baginya untuk melakukan aktivitas menyanyi dan menari. Bagi anak yang suka menggunakan keterampilan tangannya, berikan peralatan gambar, melukis, manik-manik dan membuat kerajinan tangan.

Sama pentingnya bagi ananda yang super sibuk ini untuk memiliki ritual yang menenangkan menjelang tidur. Coba dengan menyajikan snack yang menenangkan, seperti susu dan sereal gandum, satu atau dua jam menjelang tidur. Lalu ikuti dengan mandi (membersihkan badan), buku, dan tidur. Memperdengarkan musik yang menenangkan dalam keadaan gelap juga dapat membantu ananda yang terus gelisah untuk segera beristirahat.


Bakat ananda masih menjadi sebuah misteri untuk anda

Jika kita masih belum dapat melihat tanda-tanda dalam diri ananda, teruslah berusaha untuk memberikan rangsangan untuk mengeluarkan bakatnya yang masih tersembunyi.

Bertukarpikiran dengan para orang tua teman sekolah ananda tentang perkembangan dan keseharinnya, akan memberikan lebih banyak wawasan baru bagi kita. Atau banyak melakukan konsultasi dengan guru di sekolah atau kelompok bermainnya, yang mungkin dapat membantu menunjukkan kepada kita ketertarikan dan kemahiran ananda di bidang tertentu.

Dengan mengetahui bakat alami ananda, kita dapat membantunya agar ia dapat ‘terlihat’, ‘terdengar’ dan ‘dimengerti’. Tetapi yang harus menjadi tujuan utama kita adalah untuk lebih mencintainya dengan apa yang ada pada diri ananda, untuk membantunya meraih cita-citanya.

Diterjemahkan dari sebuah artikel berjudul “How to spot your preschooler's hidden talents” dari www.babycenter.com

Comments

Post a Comment

Popular Posts